Perlukan Tes Masuk SD Untuk Anak? Dapatkan Surat Rekomendasi Psikolog Disini!

Konten [Buka]

Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk menyekolahkan putra-putrinya ke jenjang Sekolah Dasar? Apabila iya, apakah Anda telah mengetahui berapa usia anak memenuhi syarat masuk SD untuk memulai pendidikan sekolah dasar?

Bagi para orangtua dengan mempunyai anak usia TK atau sederajat, sudah seharusnya memahami berapa usia yang ideal bagi anak untuk mulai masuk Sekolah Dasar. Berdasarkan informasi menurut berbagai ahli, berikut ini alasan, serta apa saja syarat yang dibutuhkan agar anak dapat masuk Sekolah Dasar.

Kapan Sebaiknya Anak Masuk Sekolah Dasar?

Kapan usia yang diperbolehkan bagi anak untuk masuk SD, didasarkan sesuai peraturan pemerintah dimana anak wajib berusia 7 tahun ketika masuk kelas Sekolah Dasar. Namun ada pula revisi aturan dengan tidak mewajibkan adanya tes membaca, menulis, serta berhitung ketika melakukan seleksi penerimaan siswa baru. Begitu pula dengan diperbolehkannya menerima calon siswa yang berumur minimal 6 tahun per tanggal 1 Juli pada tahun berjalan.

tes masuk sd surat keterangan psikolog

Bagaimana jika usia dibawah 6 tahun?

Terdapat pula dalam aturan tersebut, bahwa bagi calon siswa yang berumur 5 tahun 6 bulan bisa mengikuti pendidikan Sekolah Dasar, dengan syarat anak tersebut mempunyai kecerdasan atau bakat istimewa dengan disertai bersama kesiapan psikis. Semua pengecualian tersebut wajib untuk disertai dengan surat keterangan psikolog profesional berupa rekomendasi tertulis. Dengan kata lain, pengecualian tersebut juga masih butuh dilakukan dengan beberapa tes lebih lanjut, karena pada umumnya pada anak yang belum cukup usia masuk SD, tidak cuma disebabkan kemampuan calistung anak yang belum memadai, namun juga aspek kematangan psikologis anak.

Pada anak usia 7 tahun umumnya telah memenuhi beberapa aspek diantaranya: 

  • Kemampuan anak untuk berkonsentrasi umumnya lebih panjang, yaitu sekitar 30 sampai 45 menit. 
  • Keterampilan motorik anak sudah cukup baik, diantaranya perkembangan otot dan sarafnya sudah siap, sehingga gerakannya sudah lebih terarah. Dengan begitu anak mampu lebih siap menerima beragam materi yang diberikan guru mereka. Terlebih materi yang disajikan ketika proses belajar telah berada pada tataran pengenalan konsep, dengan begitu anak perlu memiliki kemampuan berpikir berkelanjutan serta penalaran yang baik.

Kemandirian serta kepercayaan diri anak juga dijadikan beberapa indikator kesiapan anak untuk masuk SD. Umumnya hal seperti ini baru terlihat ketika anak berumur 6 tahun, kemudian semakin matang ketika berumur 7 tahun. Kedua aspek tersebut akan sangat menolong anak ketika mengikuti dan menjalankan perintah, melakukan aktivitas setiap hari berupa makan minum, ke toilet, juga bergaul dengan kawan sebayanya.

Lalu apa yang perlu dilakukan bisa anak belum cukup umur masuk SD? 

Apabila memiliki anak dengan usia yang masih dibawah ketentuan, terdapat beberapa solusi seperti berikut :

Mengulang kelas TK B

Sebuah pertimbangan, dibandingkan harus memaksakan anak yang belum cukup usia untuk masuk SD, bisa dengan solusi supaya anak mengulang satu tahun lagi di kelas TK B. Hal ini bisa dibilang efektif untuk menunda anak masuk SD, sekaligus membantu anak supaya lebih siap dan matang secara fisik dan mental untuk masuk SD tahun depan. Tentu ada banyak anak berusia masih 5 tahun 6 bulan yang berada di kelas TK B. Terlebih kegiatan bermain yang berlangsung di TK, juga mendukung kesiapan anak masuk SD nantinya.

Melatih kemandirian anak

Dalam masa ini, mungkin adalah waktu dimana orangtua tak lagi memanjakan anak mereka. Bila selama ini para orangtua selalu membantu semua kebutuhan anak, kini saatnya memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan semuanya sendiri. Apa saja itu? Sudah tentu berupa hal-hal sederhana seperti mandi, memakai pakaian, makan dan minum, dan mengenakan sepatu sendiri. Upayakan supaya orangtua tidak langsung membantu anak, walaupun mereka mengerjakan semua itu dalam waktu yang lama. Jangan lupa, selalu hargai setiap usaha mereka dengan memberikan pujian ketika anak telah dapat melakukan banyak hal secara mandiri.

Pergi ke Psikolog Anak

Memiliki anak dengan telah mempunyai kemampuan calistung yang sudah mumpuni bagi anak di usianya, tetapi sebenarnya tidak menjamin anak sudah pasti siap untuk masuk SD. Solusinya adalah bertemu psikolog untuk melakukan tes masuk SD. Dengan melakukan tes kesiapan sekolah ini,maka  akan terlihat kematangan sosial anak, apakah benar-benar telah siap masuk SD atau belum. Termasuk sudah sampai manakah kesiapan anak dalam beberapa aspek, serta aspek mana lagi yang perlu untuk dikembangkan. Dengan begitu, melalui tes masuk SD maka orangtua akan tahu apa saja yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dari aspek psikologis anak.

Pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar merupakan pondasi yang kokoh untuk keberlanjutan pendidikan anak di tahap yang lebih tinggi. Karena perihal tersebut, jangan sampai anak merasa terpaksa ketika akan bersekolah. Bila memang anak belum siap untuk masuk SD, maka akan lebih bijaksana supaya mematangkan terlebih dulu kesiapan diri anak.

Apa fungsi tes masuk SD sebenarnya?

Tes masuk SD untuk mengetahui kesiapan sekolah adalah sebuah pemeriksaan psikologis yang dilakukan oleh Psikolog guna mengetahui kondisi anak apakah sudah siap untuk bersekolah. Kesiapan anak untuk belajar pada jenjang SD bisa diketahui lewat banyak aspek, diantaranya aspek kemampuan motorik, keterampilan kognitif, visual-persepsi, regulasi emosi, keterampilan sosial, serta kemandirian.

Bila dari semua aspek telah terpenuhi kriterianya, maka anak dikatakan siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan SD. Namun sebaliknya bila ternyata banyak aspek yang belum memenuhi kriteria, maka orangtua perlu untuk membentuk anak supaya mumpuni atau punya kemampuan sesuai kriteria yang diharapkan supaya siap untuk sekolah.

Bagaimana proses tes masuk SD?

Dalam tes masuk SD untuk kesiapan sekolah, digunakan tes atau asesmen dan juga konseling. Asesmen dilakukan guna mengetahui potensi serta kesiapan anak melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Sedangkan konseling dilakukan bagi orang tua guna memberi pandangan terkait kondisi anak dan bagaimana memberikan treatment yang tepat bagi anak mereka. Beberapa hal yang dilakukan dalam pelaksanaan tes masuk SD antara lain:

Intake Interview (wawancara awal)

Tahap intake interview adalah melakukan wawancara bersama psikolog kepada anak guna melakukan penggalian data yang akan mendukung proses asesmen psikologi.

Tes Kesiapan Masuk SD

Dalam tahap ini anak disajikan serangkain tes kesiapan masuk SD dengan tujuan mengetahui bagaimana kesiapan masuk Sekolah Dasar. Dalam te kesiapan masuk SD ini akan disajikan dua jenis tes diantaranya tes kecerdasan serta tes kesiapan masuk sekolah.

Konseling bersama orangtua / wali

Dalam tahap konseling orangtua akan mendapat sesi konseling seusai pelaksanaan tes masuk SD dengan psikolog terkait hasil tes yang telah diberikan.

Bisakah tes masuk SD dilakukan online?

Tes masuk SD saat ini bisa dilakukan online tanpa harus bertemu langsung dengan psikolog. Tentunya ini akan sangat membantu para orangtua yang berlokasi di wilayah sulit untuk menemukan praktik psikolog terdekat.

Tes kesiapan masuk SD online ini dilakukan dengan menggunakan video call karena tes harus dilakukan dengan alat tes secara visual kepada anak.

Untuk apa surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD?

Setelah usai melalui semua tahapan tes masuk SD, maka akan diperhatikan beberapa aspek kesiapan masuk SD. Bila dari pengukuran seluruh aspek tersebut memperlihatkan hasil yang baik maka anak dianggap sudah siap masuk ke Sekolah Dasar, walaupun dengan usia masih dibawah ketentuan. 

Hasil dari tes masuk SD tersebut, akan tercantum pada laporan hasil tes kesiapan sekolah yang berupa surat keterangan psikolog jogja profesional untuk rekomendasi anak masuk SD dengan usia di bawah ketentuan.

Berapa biaya tes masuk SD dan mendapatkan surat keterangan psikolog?

Surat keterangan psikolog profesional untuk rekomendasi masuk Sekolah Dasar dapat diperoleh setelah mengikuti tes masuk SD dengan biaya Rp 350.000 saja jika dilakukan secara tatap muka atau onsite, dan Rp 450.000 jika dilakukan online. Durasi pelaksanaan tes masuk SD lebih kurang memerlukan waktu berkisar 60 menit tergantung dari sikap dan kemampuan anak.

Dimana tempat tes kesiapan masuk SD yang bisa online dan onsite?

Bila Anda membutuhkan layanan tes masuk SD baik yang berada di wilayah Yogyakarta atau secara online, maka silahkan dapat menghubungi tempat layanan tes kesiapan masuk SD di Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui whatsapp di nomor 08170434500.

biro psikologi jogja